Concertgebouw and T Zand Square in Bruges

Di alun-alun T Zand ini terdapat sebuah bangunan aneh yang menonjol. Bangunan itu adalah sebuah concert hall alias Concertgebouw. Bagi para turis, gedung ini wajib dikunjungi karena disini ada pusat informasi In&Uit. Pusat informasi untuk rincian tentang budaya Belgia yang disebut juga Flanders secara umum dan Bruges khususnya dan pariwisata yang satu atap dengan untuk penjualan tiket......
.
 Concertgebouw in Bruges
.
Concertgebouw memang mendominasi T Zand Square sehingga merupakan landmark kontemporer bagi kota Bruges ini karena bentuknya yang tidak biasa. Arsitektur moder gedung konser ini sepertinya paradoks dengan arsitektur kota lama Bruges.
.
T Zand Parking in Bruges, Belgium
.
Bangunan ini sebenarnya dibangun dalam rangka acara "Brugge 2002 Ibukota Budaya Eropa", meskipun sebelumnya sudah ada rencana di tahun 90-an untuk proyek semacam itu di Bruges, mulai dari provinsi Flanders Barat.
.
.
Di dalam bangunan ini, selain sebuah auditorium besar yang memiliki 1.290 kursi pada tiga tingkatan, ada juga aula music-room yang dapat menampung 320 orang. Di lantai dasar juga ada ruang konser dan kafe. Sedangkan di lantai tujuh, lantai atas Menara Lentera, ada  cafe dan ruang pameran untuk seni kontemporer.  Dari atas sini kita dapat memiliki pandangan yang baik atas kota Bruges.
.
Kafe dan Panorama dari atas Menara Lentera, Concertgebouw, Bruges
.
Sebagaimana gedung konser, Aula Konser memiliki akustik yang sangat baik. Sebagaimana saya utarakan di atas, arsitektur yang aneh ini membuat pandangan orang Bruges terbelah. Sebagian keberatan dengan arsitektur yang tidak sesuai dengan konteks sejarah kota. Tapi sebagian lagi menemukan harmoni antara arsitektur modern dan bersejarah hanya dalam satu pandangan.
.
My Wife at T Zand Square in Bruges, Belgium
.
Bagian depan bangunan ini ditutup dengan ribuan merah ubin terakota, katanya ada 68.000 ubin, yang semua dipanggang di St Omer di utara Perancis. Menara Lentera itu sendiri sebagian besar terdiri dari kaca. Interiornya agak polos. Bangunan ini secara keseluruhan dirancang oleh arsitek Paul Robbrecht dan Daem Hilde.
.

Photos Slide of Concertgebouw and T Zand Square in Bruges
.

by Sahat Parlindungan Simarmata - www.sahatsimarmata.com
.
Cetak halaman ini (Print this page) ....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Google Search Engine
Google